Rabu September 17 , 2014

Menang Atas Pencobaan

 

Pdp. Daniel Rudianto
Sabtu, 8 September 2012

Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan.
Yakobus 1:2


Yakobus memiliki iman bahwa kita pasti menang dalam pencobaan, bahwa sebagai anak-anak Tuhan kita pasti dan harus menang atas pencobaan. Pencobaan meliputi segala ujian, masalah yang kita hadapi, sakit penyakit juga godaan untuk jatuh dalam dosa.
4 hal yang harus kita pegang bahwa kita pasti menang atas pencobaan:

1.  Pencobaan bukan berasal dari Tuhan
Mungkin selama ini kita berpikir bahwa pencobaan, masalah, sakit penyakit yang kita alami berasal dari Tuhan, dan hal ini adalah pemikiran yang salah sebab Tuhan tidak pernah mencobai manusia tetapi tiap orang dicobai oleh karena keinginan kita sendiri (Yak.1 :13). Karena itu jika kita ingin menang, kita harus sadar bahwa pencobaan yang kita alami bukan berasal dari Tuhan tetapi dari diri kita sendiri. Tuhan tidak pernah memberikan yang jahat, tetapi segala sesuatu yang baik dan anugerah yang sempurna datangnya dari Tuhan (Yak. 1:17). Kita harus bersyukur sebab pencobaan dan masalah yang kita alami datangnya bukan dari Tuhan, maka kita bisa minta pertolongan kepada Tuhan.

2. Pencobaan selalu bermanfaat bagi kita.
Pencobaan selalu bermanfaat bagi kita kalau kita menang, hal ini adalah alasan kedua supaya kita bisa menang atas pencobaan. Firman Tuhan berkata berbahagialah orang yang tahan uji sebab ada mahkota yang Tuhan sediakan, ada upah bagi orang-orang yang dapat bertahan dalam pencobaan (Yak. 1:12). Ada upah yang Tuhan sediakan bagi kita jika kita bisa bertahan dalam pencobaan yang kita alami.

3. Pencobaan yang kita alami adalah pencobaan biasa
Pencobaan yang kita alami adalah pencobaan yang biasa yang tidak melebihi kekuatan kita (1 Kor. 10:13a).  Namun sering kali kita melihat masalah yang kita hadapi bukan sebagai hal yang biasa tetapi sebagai masalah yang luar biasa beratnya, hal ini disebabkan ketakutan, kekuatiran yang ada di hati kita membuat masalah yang biasa menjadi luar biasa. Jika kita tawar hati dalam kesesakan maka kecillah kekuatan kita (Ams. 24:10). Ketika kita tawar hati kita tidak dapat melihat kekuatan Tuhan yang besar yang sanggup menolong kita dalam menghadapi segala pencobaan. Karenanya kita mau tetap berpegang pada Firman Tuhan, supaya kita tetap kuat menghadapi segala pencobaan. Tidak ada masalah yang terlalu besar sebab Tuhan kita adalah Allah yang besar, karenanya kita mau tetap menempel pada Tuhan.

4. Setiap pencobaan ada jalan keluarnya
Setiap masalah yang kita hadapi selalu ada jalan keluarnya. Seringkali iblis menipu kita seolah-olah tidak ada harapan lagi, tidak ada jalan keluar, namun kita harus bersyukur sebab Tuhan adalah setia ketika kita menghadapi pencobaan Tuhan selalu memberikan jalan keluar (1 Kor. 10:13b). Ketika semua pintu tertutup, tidak ada jalan keluar namun Tuhan sanggup membuka jendela bagi kita, artinya selalu ada jalan keluar dalam Tuhan. Saat Tuhan Yesus di salib tabir itu terbuka, artinya jalan itu sudah di buka (Ibr. 4:16). Jalan itu sudah dibukakan, kita bisa menghampiri Bapa ketika kita menghadapi pergumulan dan pencobaan.

Tuhan  Yesus adalah jalan keluar untuk kita bisa menang, karena itu kita tidak perlu takut lagi apapun yang kita alami kita mau percaya dan memiliki iman bahwa kita pasti akan menang atas setiap pencobaan, masalah dan godaan untuk berbuat dosa. (ME)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com