Jumat April 18 , 2014

Pokok Anggur Yang Benar

 

Pdt. Simon Kostoro
Minggu, 26 Agustus 2012

“Akulah pokok anggur yang benar…” Yohanes 15:1-8

Dalam Injil Yohanes ada 7 pernyataan Tuhan Yesus tentang siapa diriNya, dan pernyataan tentang pokok anggur adalah salah satu pernyataan yang khusus karena mencerminkan kedekatan Yesus dengan gerejaNya. Ada 3 hal penting yang ingin Tuhan Yesus sampaikan melalui pernyataanNya ini:

1. Hidup kita sangat tergantung kepada Tuhan
Hubungan gereja dengan Yesus adalah seperti ranting yang melekat pada pokok. Jika ranting itu terlepas dari pokok, maka ia tidak berguna lagi, ia akan menjadi kering dan akan dibakar dalam api. Kehidupan kita pun demikian, di luar Yesus kita bukan apa-apa dan tidak dapat berbuat apa-apa . Karenanya kita mau menyadari dan bersyukur jika kita ada sampai saat ini itu semua karena berkat Tuhan dan oleh karena itu kita mau tetap tinggal di dalam Tuhan. Anak bungsu dalam Luk.15 merasa bahwa ia dapat hidup sendiri tanpa Bapanya, namun apa yang terjadi? Ia kehilangan segala sesuatu, ia jatuh miskin dan tidak berdaya lagi sampai ia kembali kepada Bapa dan dipulihkan. Perumpamaan ini menjadi peringatan bagi kita semua, janganlah kita meninggalkan Tuhan. Dialah sumber kehidupan kita. Di luar Tuhan kita tidak dapat berbuat apa-apa!

2. Apa yang Tuhan cari dari kita? BUAH!
Setiap orang yang menanam pohon selalu mengharapkan untuk dapat menikmati buah dari pohon yang ia tanam, demikian juga Tuhan, yang Tuhan cari dari kehidupan kita ialah BUAH! Di dalam Yes. 5 bangsa Israel diibaratkan pohon anggur yang buahnya masam dan akhirnya ditinggalkan oleh pemiliknya.

Ada 3 macam buah:
a) Buah pertobatan. Mat. 3:8
Tuhan menginginkan kita menghasilkan buah sesuai dengan pertobatan. Buah pertobatan adalah perubahan GAYA hidup, sehingga orang lain dapat melihat bahwa perbuatan dan tingkah laku kita berubah. Anak Tuhan harus mempunyai life style yang teratur dan disiplin, bukan gaya hidup yang amburadul! Setelah anda percaya Yesus apakah ada perubahan dalam gaya hidup anda? Apakah perkataan dan perbuatan anda memuliakan Tuhan?

b) Buah Roh. Gal. 5:22, 23
Buah Roh dihasilkan oleh Roh Kudus yang diam di dalam hati kita. Buah Roh adalah perubahan SIFAT hidup atau KARAKTER. Kita harus mengijinkan Roh Kudus untuk bekerja dan memproses kita dan proses ini memerlukan waktu  namun bagi Roh Kudus tidak ada yang mustahil, Roh Kudus mampu untuk mengubahkan karakter kita. Musa adalah seorang yang berkepribadian keras namun ketika Roh Tuhan bekerja dalam hidupnya, Musa diubahkan menjadi orang yang paling lemah lembut di dunia (Bil. 12:3).

c) Buah pelayanan. Fil. 1:22
Buah Pelayanan adalah perubahan TUJUAN atau SASARAN hidup kita. Kalau tadinya kita hidup untuk diri sendiri atau untuk kepuasan dunia tetapi sekarang hidup kita adalah untuk Tuhan. Segala yang kita miliki, kepandaian, talenta, bakat, kedudukan, harta, kekayaan, anak, istri dan sebagainya adalah untuk Tuhan. Karena kita menyadari bahwa pada hakekatnya semua adalah dari Tuhan, oleh Tuhan dan untuk Tuhan (Rom. 11:36).

3. Rahasia hidup berkelimpahan.
Apa rahasia agar kita dapat berbuah? Satu kata: MELEKAT. Pokok anggur adalah sumber dari segalanya, ranting tidak perlu berbuat apa-apa selain menempel pada pokok anggur, jika ia menempel maka ia akan mendapat sari-sari makanan dari pokok dan ia dapat berbuah. Kata lain ialah INTIMACY (Hubungan yang intim dengan Tuhan). Tuhan “ada” di dalam hati kita dan kita “ada” di dalam hati Tuhan. Dan ada janji Tuhan yang luar biasa di dalam hubungan yang intim ini, yaitu apa saja yang kita minta dari Tuhan, kita akan menerimanya (Yoh. 15:7).

Lalu apa yang terjadi jika kita berbuah lebat? Bapa di surga dipermuliakan dan buah itu membuktikan bahwa kita adalah pengikut Kristus yang sejati, bukan sekedar ikut-ikutan (Yoh. 15:8). Sebab itu marilah kita mau tetap melekat pada Pokok Anggur yang benar dan semakin melekat agar kita dapat menghasilkan buah-buah yang banyak! (ME)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com