Jumat September 19 , 2014

Anugerah/Kasih Karunia

 

Pdt. Yusak Tjong
Sabtu, 9 Juni 2012

Kita sebagai orang-orang yang percaya mendapatkan anugerah atau kasih karunia dari Tuhan. Anugerah atau kasih karunia dari Tuhan ini ada 2 macam, yaitu:

1. Anugerah keselamatan/kemuliaan
“Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah (Rom. 5:1-2)”. Keselamatan dan kemuliaan Allah yang kita terima adalah anugerah yang Tuhan berikan kepada kita.

2. Anugerah untuk mengambil bagian dalam penderitaan
Selain anugerah keselamatan, ada anugerah lain yang kita terima yaitu anugerah untuk mengalami penderitaan, sama seperti hal nya Kristus juga menderita.  “Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita (Rom. 5:3-5)”.

Sebagai  prajurit yang baik dari Kristus Yesus, kita harus menderita dan berjuang supaya dengan demikian hidup kita berkenan dihadapan komandan kita yaitu Tuhan Yesus (2Tim. 2:3-4). Di akhir jaman ini banyak hal yang akan terjadi, namun apa pun yang terjadi kita harus tetap hadapi dengan iman yang tetap tertuju pada Allah. Kita mau tetap menjadi kuat dalam kasih karunia Tuhan Yesus Kristus (2Tim. 2:1). Dan sebagai prajurit Kristus kita harus giat berlatih dan tetap kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasaNya. Kita bisa bertahan melawan iblis jika kita mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah. Ada 5 perlengkapan senjata Allah untuk bertahan dan ada 2 untuk menyerang, kita mau menggunakan seluruhnya untuk bisa bertahan dan melawan iblis yang menyerang kita (Efe. 6:10-14).

Karena keselamatan yang kita terima adalah anugerah yang Tuhan berikan, oleh sebab itu kita mau tetap memelihara iman kita di dalam Kristus. Sekalipun jika harus mengalami berbagai penderitaan kita tetap mau bertahan di dalam iman, sebab adalah anugerah bagi kita jika kita menderita sebagai prajurit Kristus. Dan kita mau tetap percaya ketika kita menderita, Tuhan adalah setia, maka Tuhan yang akan memberikan kita kekuatan untuk menghadapi semuanya. (ME).

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com