Sabtu Desember 20 , 2014

Lebih Dari Pemenang

Ibu Pdt. Silvia - Tangerang
Sabtu, 9 Juli 2011

Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. Roma 8:37
Setiap kita tidak lepas dari masalah, namun kita harus bersyukur bahwa kita memiliki Allah yang setia, dan kita hidup di dalam janji-janji Tuhan. Ia tidak pernah meninggalkan kita, dan Ia akan memberikan kita kemenangan. Kita hidup bukan karena apa yang kita lihat, namun kita hidup karena apa yang kita percaya, walaupun kita menghadapi masalah namun dengan mata iman kita bisa melihat gol-nya adalah kemenangan sebab Tuhan bersama kita.
Kemenangan orang percaya dalam Roma 8:31-39 adalah ungkapan rasul Paulus yang telah mengalami banyak penderitaan demi Injil, demi imannya dalam Kristus, namun dalam segala segala sesuatu rasul Paulus menjadi lebih dari pemenang. Kemenangan adalah pasti di dalam Tuhan, namun ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menjadi lebih dari pemenang:

1. Ketika kita mau jalan di jalanNya Tuhan (Roma 8:31)
Dengan kita percaya kepada Tuhan, menerima Tuhan sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, bertobat sungguh-sungguh dan berjalan selaras dengan Firman Tuhan. Hidup seturut kehendak Tuhan bukan menurut maunya kita, kita hidup dalam tujuan dan kehendak Allah.
Orang yang berjalan di jalanNya Tuhan walaupun dalam masalah tetap percaya bahwa di dalam Tuhan tidak ada perkara yang mustahil, orang yang berjalan di jalanNya Tuhan tidak pernah menyerah sebab ia selalu melihat Allahnya adalah Allah yang hidup dan sanggup menolong. Segala masalah kita akan Tuhan selesaikan jika Tuhan berjalan bersama kita.
2. Sungguh yakin akan kasih dan kuasa Tuhan yang dahsyat (Roma 8 :32)
Kita harus yakin bahwa betapa dahsyatnya kasih Tuhan, Ia yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua (Roma 8:32). Kasih manusia semakin tawar, namun Tuhan sudah menyerahkan apa yang paling berharga karena kasihNya pada kita. Kasih Tuhan tidak berkesudahan, selalu pagi tiap hari (Ratapan 3:22). Dan kasih Tuhan tidak pernah berubah dan turun temurun tidak pernah berubah (Ulangan 7:9). Karena itu jangan kita meninggalkan Tuhan, biarlah kita terus melekat kepada Tuhan.
3. Kita tidak mau dipisahkan dengan kasih Kristus (Roma 8:35-38)
Kita tidak mau dipisahkan dengan kasih Kristus, seperti rasul Paulus yang walaupun mengalami banyak penderitaan namun tidak pernah mau di pisahkan dengan kasih Kristus. Janganlah kita menjadi jemaat yang cengeng, saat masalah datang janganlah kita jadi menjadi marah dan meninggalkan Tuhan, tapi justru dalam masalah kita mau tetap melekat Tuhan supaya kita bisa menjadi orang percaya yang berkualitas. Tuhan akan meluputkan, akan membentengi dan menyertai orang yang hatinya melekat kepada Tuhan (Mazmur 91:14-16). Paulus yakin, seyakin-yakinnya bahwa Allah yang ia sembah adalah Allah yang berkuasa, di dalam Dia tidak ada perkara yang mustahil (Roma 8:39), karena itu ia bisa keluar sebagai orang yang lebih dari pemenang. Arti kata yakin adalah percaya dan tidak goyah, seperti yang tertulis dalam Mazmur 116:10 “Aku percaya, sekalipun aku berkata: "Aku ini sangat tertindas." Kita tetap percaya walaupun kita dalam masalah, kita akan menjadi orang-orang yang lebih dari pemenang jika kita tetap percaya.

Apapun masalah yang kita hadapi, kita mau tetap berjalan di jalanNya Tuhan, dan kita sungguh-sungguh yakin akan kuasa Tuhan yang dahsyat. Dan kita mau tetap melekat kepada Tuhan, kita tidak mau dipisahkan dari kasih Kristus maka pada akhirnya kita akan menjadi orang-orang yang lebih dari pemenang. (ME)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com