Jumat Oktober 19 , 2018

Kebohongan Yang Membawa Maut

Pdt. Yusak Tjong
Sabtu, 1 September 2018

Dari mana sumber atau asal pendusta, penipu, dan pembohong ini? Yohanes 8:44 mengatakan bahwa Iblislah yang menjadi sumber segala dusta. Oleh karena itu kita tidak perlu takut lagi, sejak Yesus disalib kuasa diberikan kepada kita yang percaya sehingga segala roh-roh jahat , kuasa gelap, dan hal-hal yang bukan dari Allah ada di bawah kaki kita.

Sekarang kita akan melihat 2 contoh tentang kebohongan yang membawa kepada maut.

1. 1 Raja-raja 13 Abdi Allah dan Nabi tua.
Kisah ini terjadi pada masa Raja Yerobeam, dia adalah pegawai Salomo yang memberontak. Ada seorang Abdi Allah yang benar dari Yehuda diutus ke Betel untuk menyampaikan pesan kepada raja Yerobeam. Timbul suatu pertanyaan, apakah tidak ada nabi di Betel sehingga Tuhan mengirim dari Yehuda? Karena semua nabi di Betel tidak benar. Setelah nabi dari Yehuda ini menyampaikan pesan Allah kepada raja, maka marahlah raja Yerobeam dan mengulurkan tangannya namun tangannya menjadi kejang sehingga tidak dapat ditariknya kembali. Kemudian raja memohon kepada abdi Allah ini agar tangannya dapat kembali, dan abdi Allah ini pun melakukannya. Setelah tangan raja Yerobeam disembuhkan, abdi Allah ini diajak untuk kerumah raja dan akan diberi hadiah. Tetapi abdi Allah ini menolaknya, karena Allah sudah berfirman untuk tidak menerima apapun.
Dalam 1 Raja-raja 13:11 dikatakan ada seorang nabi tua di Betel. Anak-anaknya menceritakan tentang abdi Allah dari Yehuda yang bertemu dengan raja Yerobeam. Setelah mendengar hal itu, nabi tua ini meminta anaknya untuk menunjukkan ke arah mana perginya abdi Allah dari Yehuda itu. Entah apa maksud dan tujuan nabi ini, tetapi yang pasti nabi tua ini anggota dari raja Yerobeam yang jahat. Dan abdi Allah dari Yehuda ini didapati sedang duduk di bawah pohon. Dibujuknyalah abdi Allah ini oleh nabi tua tersebut agar ikut pulang dan makan dengannya. Abdi Allah inipun berkata bahwa Tuhan berfirman jangan makan atau minum dan kembali lewat jalan yang sudah ditempuh. Lalu nabi tua ini berkata bahwa ia juga nabi dan berkata bahwa Tuhan juga telah berfirman agar ia mengajak abdi Allah kerumahnya, tetapi apa yang dikatakan itu bohong (1 Raja-raja 13:18).
Dan abdi Allah inipun akhirnya ikut perkataan nabi tua. Namun saat mereka sedang makan minum Firman Tuhan datang kepada nabi tua ini (padahal nabi ini nabi yang pembohong/pendusta). Dalam ayat 19-22 ini Firman Tuhan datang kepada nabi tua ini untuk abdi Allah. Dan benar dalam ayat 24 abdi Allah ini mati di tengah jalan sesuai Firman Tuhan yang disampaikan nabi tua tersebut. Inilah kebohongan yang dilakukan nabi tua yang memakan korban seorang abdi Allah. Kebohongan bisa memakan nyawa orang lain.

2. Kisah Para Rasul 5:1-11 Ananias dan Safira
Ananias dan Safira ini jadi pembohong, penipu atau pendusta, dan kedua-duanya mati bersama. Dusta mereka terhadap rasul-rasul sama dengan mendustai Allah. Sekali lagi bohong membawa kematian. Dalam Kisah Para Rasul pasal 5 ini kita tahu bahwa Roh Kudus baru saja dicurahkan, dan semua dipenuhkan Roh Kudus. Semua jemaat hidup dalam kekudusan dan berkobar-kobar. Lalu bagaimana ini bisa terjadi? Secara akal sepertinya kita mau protes kepada Tuhan, karena secara sah tanah itu milik Ananias dan Safira. Lalu apa yang menyebabkan hal ini terjadi? 1Timotius 6:10 “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.” Uang tidak berdosa, kaya tidak berdosa, tetapi cinta uang melebihi cinta Tuhan yang berdosa.

Apakah upah dari dusta? Wahyu 21:8 “…. dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang, inilah kematian yang kedua”. Kematian kedua adalah neraka. Jadi upah dari dusta adalah neraka atau kematian kedua.
Yohanes 10:10 “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.”

Jangan takut terhadap apapun yang terjadi di sekitar kita, tetap maju sebab rencana Allah bagi kita adalah hidup dalam segala kelimpahan. Tuhan Yesus memberkati. (KGDP)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

GPdI Lembah Dieng


Jalan Lembah Dieng H1

Malang, Jawa Timur

Indonesia

phone : 0341-551692

fax : 0341-559435