Jumat Oktober 19 , 2018

Dibenarkan Oleh Iman - Pelajaran Surat Roma (89)

(Rom 11:28)  Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang.

- “Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah” – Ayat  ini memiliki beberapa pengertian, sbb. :
* Bangsa Israel adalah bangsa yang pertama-tama ditawari Injil Allah (baca 4 Injil). Anak Allah, Yesus datang pertama-tama kepada mereka untuk memperkenalkan Injil, tetapi mereka menolak, bahkan mereka menyalibkan Yesus. Dan barangsiapa yang menolak Yesus adalah menolak Bapa yang telah mengutusNya (Luk.10:16). Itulah sebabnya mereka menjadi musuh Allah.

* Karena mereka menolak Yesus, maka Allah berpaling kepada bangsa-bangsa lain. Sebab itu dikatakan di dalam ayat ini bahwa “karena kamu (bangsa kafir) maka mereka (bangsa Yahudi) menjadi seteru Allah”

* Bangsa Yahudi bukan hanya menjadi seteru Allah karena mereka telah menolak Injil, tetapi mereka juga memusuhi orang-orang yang menerima Injil. Kita dapat membaca di Kisah Rasul, kemanapun rasul Paulus pergi memberitakan Injil, selalu dimusuhi, dikacau dan dianiaya oleh orang-orang Yahudi. Dan sampai sekarangpun kekristenan tetap dimusuhi di negara Palestina.

- “Mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang” – Dari sisi pilihan, mereka tetap adalah bangsa pilihan Allah. Mengapa? Karena Allah adalah Allah yang setia, IA tidak pernah ingkar janji. Allah telah berjanji kepada nenek moyang mereka, Abraham Ishak Yakub, bahwa Ia akan memberkati keturunan mereka. Itukah sebabnya bangsa Yahudi tetap mempunyai hubungan yang khusus dengan Allah sampai sekarang ini. Mereka tetap dikasihi oleh Allah.
(Rom 11:29)  Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.

- Allah bukan hanya tidak pernah membatalkan perjanjian-Nya dengan mereka, tetapi dikatakan bahwa Allah tidak pernah “menyesal” atas pilihanNya. Meskipun mereka telah memberontak, menolak, bahkan banyak kali menyakiti hatiNya, tetapi Ia tidak pernah menyesal, Ia tetap mengasihi mereka. Itulah sebabnya satu saat Ia akan menyelamatkan mereka pada waktu dan dengan caraNya sendiri. Puji Tuhan, Allah kita adalah Allah yang konsisten, sebab itu  kita anak-anakNya juga harus konsisten!

(Rom 11:30-31)  Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.

- Pertama-tama Allah menujukan kemurahanNya kepada bangsa Israel, namun mereka menolak, itulah sebabnya Allah berpaling kepada bangsa-bangsa kafir. Oleh kemurahan Allah kita yang tadinya tidak taat, sekarang menjadi umat Allah, umat yang dipilih, dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus (I Pet.1:2). Namun rencana Allah belum selesai. Dia adalah Allah yang baik dan setia. Ia tidak pernah lupa akan janjiNya kepada Abraham. Itulah sebabnya ada saatnya Ia akan menyelamatkan bangsa Israel. Allah akan membuka pintu kemurahan bagi mereka. Sebagaimana kita yang tadinya tidak taat telah menerima kemurahan menjadi umat pilihan Allah, bangsa Israel yang sekarang ini tidak taat juga akan menerima kemurahan Allah untuk menjadi umat yang taat kepadaNya. Haleluya, lihat betapa besarnya hikmat dan kemurahanNya! (SK)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

GPdI Lembah Dieng


Jalan Lembah Dieng H1

Malang, Jawa Timur

Indonesia

phone : 0341-551692

fax : 0341-559435