Minggu Oktober 21 , 2018

Dibenarkan Oleh Iman - Pelajaran Surat Roma (83)

(Rom 11:1)  Maka aku bertanya: Adakah Allah mungkin telah menolak umat-Nya? Sekali-kali tidak! Karena aku sendiripun orang Israel, dari keturunan Abraham, dari suku Benyamin.

- Di pelajaran sebelumnya kita melihat bahwa bangsa Israel ditolak karena mereka tidak percaya kepada Allah, sedangkan bangsa-bangsa “kafir” (non-Yahudi) menerima anugrah Allah karena mereka percaya. Di pasal ini Paulus akan menunjukkan kepada Allah bahwa penolakkan itu tidak berlaku selamanya dan secara total, dan sebagai bukti dari hal ini ialah dirinya sendiri… Mengapa?

(Rom 11:2)  Allah tidak menolak umat-Nya yang dipilih-Nya. Ataukah kamu tidak tahu, apa yang dikatakan Kitab Suci tentang Elia, waktu ia mengadukan Israel kepada Allah:

- Dari sisi pemilihan Allah maka bangsa Israel tetap adalah bangsa pilihan Allah. Oleh karena iman satu orang, bapa Abraham, maka Allah telah memilih keturunannya untuk menjadi bangsa pilihan. Allah tidak pernah menyesal akan pilihanNya sebab itu dikatakan bahwa “Allah tidak menolak umat pilihanNya”, dan sampai disini Paulus mengambil contoh pada waktu jaman nabi Elia…

(Rom 11:3)  "Tuhan, nabi-nabi-Mu telah mereka bunuh, mezbah-mezbah-Mu telah mereka runtuhkan; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup dan mereka ingin mencabut nyawaku."

- Ini adalah doa dari nabi Elia waktu ia dikejar-kejar oleh Izebel dan ia melarikan diri. Dalam keputusasaannya ia mengadukan bangsanya kepada Allah, bahwa mereka semua sudah meninggalkan Allah dan hanya dia sendiri yang masih beribadah kepada Allah. Dengan lain kata ia berharap agar Allah menghukum bangsa Israel. Lalu bagaimana jawaban Allah ?
(Rom 11:4)  Tetapi bagaimanakah firman Allah kepadanya? "Aku masih meninggalkan tujuh ribu orang bagi-Ku, yang tidak pernah sujud menyembah Baal."

- Ternyata masih ada orang-orang Israel yang setia kepada Allah, yang tidak mau menyembah Baal. Allah masih punya orang-orang yang setia kepadaNya. Saudara-saudara, apakah saat ini anda merasa seorang diri, tidak ada orang yang mempedulikan anda, tidak ada orang yang berdiri membela kebenaran? Jangan kuatir, masih ada orang lain yang berdiri bersama-sama dengan kita. Walaupun mungkin kita tidak mengenal mereka, tetapi percayalah bahwa kita tidak sendiri!

(Rom 11:5)  Demikian juga pada waktu ini ada tinggal suatu sisa, menurut pilihan kasih karunia.

- Bila kita melihat sejarah Alkitab, Tuhan selalu punya orang-orang yang tetap setia kepadaNya. Demikian juga saat ini walaupun sebagian besar dari orang Israel (Yahudi) tidak percaya kepada Yesus tetapi ada sebagian kecil yang percaya dan menerima Yesus sebagai Juruselamat. Mereka inilah orang-orang yang dipilih menurut kasih karunia Tuhan…

(Rom 11:6)  Tetapi jika hal itu terjadi karena kasih karunia, maka bukan lagi karena perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka kasih karunia itu bukan lagi kasih karunia.

- Sekali lagi, semua itu terjadi hanya oleh kasih karunia Tuhan saja, bukan karena kebaikan atau kesalehan manusia. Saudaraku, bila bangsa pilihan Allah (orang Israel jasmani) selamat karena kasih karunia Tuhan, apalagi kita yang notabene bukanlah bangsa pilihan Allah… (SK)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

GPdI Lembah Dieng


Jalan Lembah Dieng H1

Malang, Jawa Timur

Indonesia

phone : 0341-551692

fax : 0341-559435