Selasa September 25 , 2018

Dibenarkan Oleh Iman - Pelajaran Surat Roma (80)

(Rom 10:5)  Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya."
- Ayat ini dikutip dari kitab Taurat, tepatnya di Imamat 18:4,5 yang berbunyi demikian : “Kamu harus lakukan peraturan-Ku dan harus berpegang pada ketetapan-Ku dengan hidup menurut semuanya itu ; Akulah TUHAN, Allahmu. Sesungguhnya kamu harus berpegang pada ketetapan-Ku dan peraturan-Ku. Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya; Akulah TUHAN.” Inilah perbedaan terbesar antara Taurat dan Injil. Taurat dimulai dengan melakukan, sedang Injil dimulai dengan iman dan membawa kepada kehidupan.
* Taurat : Melakukan → Hidup
* Injil : Iman →Hidup

(Rom 10:6-8)  Tetapi kebenaran karena iman berkata demikian: "Jangan katakan di dalam hatimu : Siapakah akan naik ke sorga?", yaitu : untuk membawa Yesus turun, atau : "Siapakah akan turun ke jurang maut?", yaitu : untuk membawa Kristus naik dari antara orang mati. Tetapi apakah katanya? Ini: "Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu." Itulah firman iman, yang kami beritakan.
- Ayat-ayat ini dikutip dari perkataan Musa kepada bangsa Israel di Ulangan 30:11-14 untuk menyatakan bahwa kebenaran karena iman itu bukan sesuatu yang sulit untuk dipahami maupun dilakukan karena Yesus telah datang dari sorga untuk menyelamatkan umat manusia. Yang diperlukan dari kita ialah percaya dengan hati dan mengaku dengan mulut kita, maka kita akan memperoleh kebenaran itu. Tetapi seringkali manusia lebih memilih jalan yang sulit daripada jalan yang mudah yang sudah ditentukan oleh Allah.

(Rom 10:9)  Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
- Inilah kebenaran karena iman itu : hati percaya dan lidah mengaku ! Percaya apa? Percaya bahwa Allah telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, atau dengan lain kata percaya bahwa Yesus adalah Tuhan. Lalu mengaku apa ? Mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan !

(Rom 10:10)  Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.
- Kebenaran karena iman adalah kasih karunia Allah, bukan usaha manusia, sebab itu sebenarnya keselamatan bukanlah sesuatu yang sukar, tinggal kita percaya dengan hati kita dan dengan mulut kita mengaku bahwa Yesus itu Tuhan, maka kita akan diselamatkan!

(Rom 10:11)  Karena Kitab Suci berkata: "Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan."
- Firman Tuhan “ya” dan “amin”. Kalau kita sungguh-sungguh percaya kepada Yesus kita pasti diselamatkan! Dan bukan hanya itu saja, kita yang saat ini menghadapi masalah yang berat, mari kita percaya dan berserah kepadaNya, Dia adalah batu perlindungan dan kubu pertahanan yang kuat. Percayalah kepadaNya setiap waktu hai umat, karena ada masa depan yang cerah bagi kita semua! (SK)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

GPdI Lembah Dieng


Jalan Lembah Dieng H1

Malang, Jawa Timur

Indonesia

phone : 0341-551692

fax : 0341-559435