Jumat Oktober 19 , 2018

Intimasi Dengan Tuhan

Pdt. Goktondi Pasaribu - Surabaya
Sabtu, 23 Juni 2018


Kenapa harus Intimasi dengan Tuhan?
Ciptaan Tuhan begitu banyak, tetapi diantara semuanya Tuhan menginginkan intimasi dengan manusia sebab kita adalah Gambar dan Rupa Allah , dan Roh Allah ditempatkan di dalam kita (Yak. 4:5). Bagaimanapun bentuk dan rupa kita kita tetap Gambar dan Rupa Allah.
Apa kaitannya Roh Allah yang ditaruh dengan intimasi? Roh kita terdiri dari 3 elemen, yaitu: Intuisi (menangkap kemampuan supranatural), Suara Hati (Kesadaran Moral), Fellowship. Fellowship adalah elemen yang berhubungan dengan intimasi. Fellowship adalah kesadaran akan hubungan dengan Pencipta. Intimasi dengan Tuhan adalah kebutuhan mendasar kita. Tuhan mengatakan “Mendekatlah kepadaKu”, karena Tuhan tahu bahwa saat kita intimasi dengan-Nya kita akan alami kepuasan.
Bagaimana memiliki Intimasi dengan Tuhan:
1. Kekudusan (Ayat 8 “Tahirkanlah tanganmu dan sucikanlah hatimu”)
Dosa digambarkan seperti sampah atau kotoran. Kalau mau intimasi dengan Tuhan menjauhlah dari yang namanya kecemaran. Tuhan selalu mengharapkan Kekudusan luar dalam (Maz. 24:3-4). Kekudusan harus dimulai dari hati dan juga tampak di luar. Penghalang pertama Intimasi dengan Tuhan adalah dosa dan kecemaran. Dosa membuat pemisah kita dengan Allah. Ibr.12:14 mengatakan “tanpa kekudusan tidak mungkin seseorang diperkenan oleh Allah”. Mari sucikan hati kita supaya kita berkenan kepada Tuhan.

2. Percaya (Ayat 8c. “hai kamu yang mendua hati”)
Percaya sepenuhnya kepada Tuhan. Keraguan kepada Firman Tuhan membuat kita tidak intim dengan Tuhan. Iblis selalu membangkitan roh kritik agar kita meragukan Tuhan. Yak 1:6-8 mengatakan mintalah dengan tidak bimbang sama sekali. Orang yang mendua hati tidak akan mendapat apa-apa dan tanpa  iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah (Ibr. 11:6).

3. Kerendahan Hati (Ayat 7 & 10 “Tunduklah kepada Allah, rendahkanlah dirimu dihadapan Tuhan)
Rendah hati adalah sifat seseorang yang menganggap dirinya tidak lebih hebat dari orang lain, tidak menganggap dirinya lebih penting dari orang lain. Yak 4:6 mengatakan “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihi orang yang rendah hati”. Kerendahan hati juga kunci Intimasi dengan Tuhan.

Hasil dari Intimasi dengan Tuhan:
1. Kita memiliki Otoritas (Ayat 7. “Lawanlah Iblis ,maka ia akan lari dari padamu!”)
2. Kita akan ditinggikan/ dipromosikan (Ayat 10 “Ia akan meninggikan kamu”)
Ditinggikan di sini juga berarti RAPTURE “Diangkat, disingkirkan atau diluputkan”. Ada waktu di akhir zaman dimana akan ada kesusahan besar, dan di situ kita akan “diangkat”. Hanya orang-orang yang punya intimasi dengan Tuhanlah yang akan “diangkat / diluputkan”.
Tuhan Yesus memberkati. (KGDP)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

GPdI Lembah Dieng


Jalan Lembah Dieng H1

Malang, Jawa Timur

Indonesia

phone : 0341-551692

fax : 0341-559435