Jumat Juli 20 , 2018

Pentingnya Roh Kudus Bagi Jemaat Tuhan

Pdt. Yusak Tjong
Sabtu, 9 Juni 2018

Mat. 10:16 berkata: “Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.” Iblis akan selalu berusaha untuk menghancurkan jemaat Tuhan. Iblis akan memakai segala macam cara, termasuk menjadi singa yang siap menelan kita. Karena itu kita harus benar-benar taat dalam pimpinan Tuhan sebagai Gembala Agung kita serta mau dibentuk oleh Roh Kudus.

ROH KUDUS MEMPERLENGKAPI JEMAAT
Sebagai orang percaya kita harus tahu bahwa ada banyak tingkatan rohani yang harus kita lalui. Kita tidak boleh diam dan berpuas diri dengan kerohanian kita saat ini, melainkan harus terus bertumbuh sampai pada kesempurnaan. Ketika kita lahir baru dan dibaptis dengan air, kita harus memiliki kerinduan untuk dipenuhkan dengan Roh Kudus dengan tanda pertama berbahasa lidah (Kis. 2:4). Namun jangan berhenti sampai di situ, kita harus terus dipenuhkan dengan Roh Kudus setiap harinya, serta mengejar juga berbagai karunia rohani. Ingat, dipenuhkan dulu baru menerima karunia Roh, bukan sebaliknya.

Karunia rohani sangat berguna bagi jemaat Tuhan, baik untuk membangun jemaat secara pribadi maupun untuk membangun dan memperlengkapi jemaat secara umum. Ada berbagai karunia rohani di antaranya:

1. Buah Roh, yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri (Gal. 5:22-23). Buah Roh akan membawa jemaat pada kesempurnaan karakter ilahi.

2. Karunia Roh (1 Kor. 12:7-10), yaitu:
a. Karunia Pernyataan:
- berkata-kata dengan hikmat
- berkata-kata dengan pengetahuan (marifat: pengetahuan Allah yang tidak kita ketahui sebelumnya, namun bisa kita ketahui)
- membedakan bermacam-macam roh (roh menimbang)

b. Karunia Kuasa:
- iman
- kesembuhan
- mujizat

c. Karunia Ilham:
- bernubuat
- berkata-kata dengan bahasa roh (berbeda dengan bahasa roh sebagai tanda pertama kepenuhan, karena harus diterjemahkan)
- menafsirkan atau menerjemahkan bahasa roh.

3. Jawatan (1 Kor. 5:28-29; Efe. 4:11-12), yaitu: rasul, nabi, guru, gembala, penginjil

ROH KUDUS MEMPERSATUKAN JEMAAT
Kis. 4:30 menceritakan mengenai sebuah doa jemaat ketika Petrus dan Yohanes dipenjara: “Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat oleh nama Yesus, Hamba-Mu yang kudus.” Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani (ayat 31). Saat itu tidak ada pemimpin jemaat, tetapi oleh Roh Kudus jemaat dipersatukan dan diberkati.
Roh Kudus juga mempererat persekutuan dalam jemaat Tuhan. Dalam Kis. 2:42 dikatakan bahwa Roh Kudus menggerakkan jemaat untuk bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Jemaat selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Bukan hanya itu, tapi mereka tetap bersatu dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama (ayat 44), dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing (ayat ayat 45). Roh Kudus mengasah karakter jemaat sehingga satu sama lain dapat tulus hati dan berbagi dengan sukacita (ayat 46). Dan apa yang Tuhan kerjakan bagi jemaat? Tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan (ayat 47)!

Betapa indahnya bila Roh Kudus bekerja dalam jemaat Tuhan! Akan ada berkat-berkat yang terus mengalir dalam jemaat Tuhan, bukan hanya berkat jasmani, namun terlebih berkat rohani. Jemaat akan terus bertumbuh menuju kesempurnaan gereja dan siap untuk menyongsong kedatangan Kristus, Sang Mempelai Pria. Karena itu ijinkan Roh Kudus bekerja lebih luas lagi dalam kehidupan kita. Tuhan Yesus memberkati. (XY)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com