Jumat Juli 20 , 2018

Pentingnya Roh Kudus Bagi Orang Percaya

Pdt. Yusak Tjong
Minggu, 3 Juni 2018

Roh Kudus merupakan dasar bagi kekristenan kita, sebab Roh Kudus adalah jaminan keselamatan kita. Memang bukan berarti bahwa orang yang penuh Roh Kudus akan lebih hebat dari belum penuh, namun dengan penuh Roh Kudus kita akan memiliki kuasa untuk mengalahkan kedagingan dan hidup dipimpin oleh Roh sampai kita mencapai kesempurnaan. Jadi Roh Kudus sangat penting bagi orang percaya sebab:

1. Roh Kudus adalah Roh Kebenaran
Dalam Yoh. 15:26-27 Yesus berkata: “Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.”
Dari ayat ini kita tahu bahwa Roh Kudus disebut Roh Kebenaran karena Roh Kudus selalu bersaksi tentang Yesus dan tentang firman-Nya. Dengan demikian kita akan memiliki iman yang teguh dan tidak mudah goyah oleh tipu muslihat Iblis. Dalam kita mengiring Yesus, Gembala Agung kita, kita akan banyak bertemu dengan gembala-gembala palsu maupun serigala berbulu domba yang ingin menyesatkan dan menarik kita keluar dari pintu keselamatan. Manusia cenderung melihat yang lahiriah, sehingga mudah sekali tertipu (1 Sam. 16:7), tapi bila kita mau dipimpin oleh Roh, kita akan terus dibawa kepada kebenaran firman Tuhan.

2. Roh Kudus mempertajam kepekaan rohani
Dalam Yoh. 14:15-17, 25-26 Yesus berkata: “Jikalau kamu mengasihi AKu, kamu akan menuruti segala perintah-Ku… tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”
Manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh, dan esensi utamanya adalah roh. Manusia adalah makhluk roh yang berbeda dengan ciptaan Allah lainnya (Kej. 2:7). Sebagai makhluk roh kita dapat bersekutu dengan Allah. Sayangnya hal ini terputus ketika manusia jatuh ke dalam dosa. Namun oleh darah Yesus kita kembali dipersatukan dengan Allah dan oleh Roh Kudus kita dapat memiliki persekutuan yang intim dengan Allah lagi.
Sebagai orang percaya kita seringkali tidak peka akan suara Tuhan ataupun kehendak-Nya. Namun dalam persekutuan dengan Roh Kudus, Ia akan memberitahukan kepada kita hal-hal yang akan datang (Yoh. 16:13) serta memimpin hidup kita agar terus memuliakan Tuhan (Yoh. 16:14). Dan dalam 1 Kor. 12:8-10 dikatakan bahwa salah satu karunia Roh yang diterima oleh orang yang sudah dibaptis Roh Kudus adalah karunia hikmat dan marifat. Kita akan memiliki kepekaan untuk menimbang segala sesuatu. Selain itu kita juga akan memiliki kepekaan akan peranan kita dalam gereja Tuhan, sebab Roh Kudus juga mempertajam karunia pelayanan serta panggilan dan jawatan dalam jemaat Tuhan.

3. Roh Kudus menginsafkan kita
Dalam Yoh. 16:8-11 dikatakan: “Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.”
Roh Kudus akan menginsafkan kita sehingga kita mampu untuk hidup dalam pertobatan setiap harinya. Tapi Roh Kudus bukanlah Pribadi yang senantiasa mendakwa atau menuduh kita seperti Iblis. Justru ketika kita mau taat, saat kita diinsafkan kita akan hidup dalam damai sejahtera yang melimpah. Dan kita akan mampu menjadi saksi-Nya dimanapun kita berada.

Roh Kudus sangat penting bagi kehidupan kita sebagai orang percaya. Roh Kuduslah yang akan memimpin kita kepada segala kebenaran, mempertajam kepekaan kita, serta senantiasa menginsafkan kita. Karena itu milikilah kerinduan untuk dipenuhkan dengan Roh Kudus yang akan membawa kita pada kesempurnaan sampai masuk dalam kekekalan yang mulia. Tuhan Yesus memberkati. (XY)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com