Jumat Juni 22 , 2018

Mengenal Roh Kudus

Pdt. Simon Kostoro
Sabtu, 12 Mei 2018

Roh Kudus bukan sekedar kuasa tetapi Pribadi, yang akan menyertai gereja sampai masuk kepada kesempurnaan dan siap menyambut kedatangan Yesus yang kedua kali. Kita tidak hanya sekedar perlu memiliki Roh Kudus tetapi kita juga harus dipenuhkan dengan Roh Kudus.
Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi. Dan sesudah Ia ditinggikan oleh tangan kanan Allah dan menerima Roh Kudus yang dijanjikan itu, maka dicurahkan-Nya apa yang kamu lihat dan dengar di sini. - Kisah 2:32-33

...sesudah Ia ditinggikan oleh tangan kanan Allah..”
Ini berbicara tentang kebangkitan dan kenaikan Yesus ke sorga, dimana Dia sekarang duduk di sebelah kanan Allah Bapa. Ia menunggu waktu sampai semua musuhNya ditaklukkan di bawah kakiNya, dan Dia akan segera datang kembali.

“...Dia menerima Roh Kudus yang dijanjikan itu,”
Bukan berarti bahwa tadinya Yesus tidak punya Roh Kudus dan sekarang baru menerima. Ini berbicara tentang “otoritas”. Setelah Yesus mengalami penderitaan disalib dan bangkit, dan Dia naik ke sorga dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa, Yesus memiliki otoritas untuk mengutus Roh Kudus. Itulah yang dikaruniakanNya kepada jemaat di atas loteng Yerusalem, dimana 120 orang murid dipenuhkan dengan Roh Kudus.
Salah satu tujuan yang terpenting mengapa Yesus harus mati di atas kayu salib adalah supaya Roh Kudus itu bisa dicurahkan bagi gereja. Begitu pentingnya Roh Kudus itu hingga harus dibayar sangat mahal yakni lewat kematian Yesus.

Mengapa Roh Kudus itu begitu penting..???
1. Roh Kudus itu Penolong (Yoh. 14:16)
Yoh. 14:16  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
Roh Kudus adalah Penolong bagi orang percaya. Dikatakan di sini “Penolong yang lain”
Dalam bahasa Yunani, kata “yang lain” memakai dua kata yaitu allos dan heteros. Dalam ayat ini memakai kata “allos”, artinya yang lain tetapi memiliki kualitas yang sama dengan yang digantikannya. Kalau “heteros” berbeda kualitasnya. Jadi Roh Kudus itu punya kualitas yang sama dengan Yesus Kristus.  Dialah yang menggantikan posisi Yesus Kristus untuk menolong gereja Tuhan, dan pertolonganNya adalah pertolongan yang selama-lamanya.
Tidak ada seorang pun yang tidak butuh penolong. Setiap hari kita banyak menerima pertolongan dari orang-orang di sekitar kita. Roh Kudus adalah Penolong yang selama-lamanya menyertai kita dan tinggal bersama-sama dengan kita. Jadi kita tidak perlu takut. Pertolongan manusia terbatas, namun pertolongan dari Roh Kudus tidak terbatas.

2. Roh Kudus itu Penghibur (Yoh. 14:26)
Kita semua butuh penghiburan. Ada saat-saat dimana kita kecewa, susah dan sepertinya sudah kehilangan pengharapan, di saat dimana manusia tidak bisa lagi menghibur, maka kita membutuhkan Roh Kudus. Seberapa banyak kesusahan ataupun penderitaan yang kita alami, maka seberapa banyak pula penghiburan yang kita alami.
2Kor. 1:3-5 Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.  Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah.

3. Roh Kudus itu Pengajar
“...Dialah akan mengajarkan segala sesuatu..” (Yoh. 14:26)
Tanpa karya Roh Kudus maka Firman itu hanyalah tulisan yang mati. Roh Kuduslah yang menghidupkan Firman dan membawa kita kepada suatu pengertian yang lebih dalam akan kebenaran Firman. Roh Kudus menjadikan Firman yang tadinya “logos” (Firman yang tertulis) menjadi “rhema” (Firman yang berbicara dalam hidup kita).
Tanpa karya Roh Kudus tidak akan terjadi pertobatan sebab Roh Kudus membuat kita sadar akan dosa-dosa kita. Roh Kudus juga mengingatkan akan setiap Firman yang ada dalam hidup kita. Itu sebabnya kita perlu banyak mendengar, membaca dan menyimpan Firman Tuhan, sehingga pada saat kita membutuhkan Roh Kudus senantiasa mengingatkan kita.

4. Roh Kudus itu Pendoa ( Roma 8:26-27)
Di sorga Yesus bersyafaat bagi kita dan di bumi ada Roh Kudus yang berdoa untuk kita. Ada saat dimana kita tidak tahu lagi bagaimana harus berdoa, maka disitulah Roh Kudus berdoa bagi kita, Roh Kudus mengambil alih doa kita dan berdoa kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Itu sebabnya kita perlu dipenuhkan Roh Kudus. Setiap kali Roh Kudus berdoa bagi kita ada damai sejahtera.
Roh Kudus membuat doa kita menjadi hidup dan berkuasa. Tanpa Roh Kudus doa kita akan dangkal dan kering. Dan apa yang terjadi ketika Roh Kudus berdoa untuk kita ?
Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
Hal inilah yang terjadi ketika Roh Kudus berdoa bagi kita yaitu Allah yang mengambil alih segala masalah kita, dan pada akhirnya akan mendatangkan kebaikan bagi kita. Tuhan akan mengerjakan mujizat dalam hidup kita. Apa yang tidak mungkin akan menjadi mungkin bagi kita. Sebab itu hendaklah kita penuh dengan Roh Kudus !

Efesus 5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh. Tuhan Yesus memberkati ! (KGDP)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com