Senin May 21 , 2018

Diselamatkan Untuk Menjadi Berkat

Pdt. Adi Sudjaka
Sabtu, 28 April 2018

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,  itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.  Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. Efesus 2:8-10
Dalam hidup yang hanya sementara ini, yang terpenting bukanlah harta ataupun kedudukan yang tinggi melainkan keselamatan jiwa kita. Alkitab berkata apakah untungnya seseorang memiliki seluruh dunia ini jika jiwanya binasa. Hidup ini hanya sementara, sampai berapapun usia yang Tuhan berikan tidak masalah bagi kita yang penting kita hidup dalam anugerah keselamatan didalam Yesus Kristus. Itu sebabnya kita perlu bersyukur kepada Tuhan kalau salah satu pengalaman dalam kehidupan ini kita boleh mengambil keputusan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.
Alkitab mengatakan bahwa kita diselamatkan hanya oleh anugerah Tuhan, sesuatu yang tidak mungkin dapat kita kerjakan sendiri jika bukan karena Tuhan sendiri yang memberikan. Wujud pemberian Allah yang menyelamatkan itu bukanlah langit bumi dan segala isinya tetapi Yesus Kristus, Firman yang menjadi Manusia. Mengapa Allah menjadi Manusia yaitu supaya Dia bisa mati, dan kematiaanNya sebagai tebusan bagi dosa-dosa kita, sehingga kita yang percaya diselamatkan olehNya.
Itu sebabnya kita perlu mengenal rencana Tuhan dalam kehidupan ini. Kita bukan hanya diselamatkan begitu saja, Alkitab mengatakan bahwa kita ini buatan Allah, diciptakan di dalam Yesus Kristus supaya melalui penciptaan di dalam Yesus Kristus ini, Allah berkarya dalam kehidupan kita.

1Pet. 1:18-19 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
Kita diselamatkan dan ditebus dari cara hidup yang sia-sia. Apabila seseorang tidak mengenal Yesus sebagai Juruslamat maka orang itu hidup di dalam dosa. Seluruh kehidupannya, segala sesuatu yang dimiliki dan dilakukankannya akan menjadi sia-sia. Tidak akan membawanya kepada keselamatan dan kemuliaan yang kekal, melainkan menuju kepada kebinasaan yang kekal.
Puji Tuhan, kita ditebus dari cara hidup yang sia-sia, kita ini buatan Allah dan ditebus melalui penebusan darah Yesus. Kemudian kehidupan kita dibentuk oleh Tuhan melalui FirmanNya, tuntunan Roh KudusNya. Kita diciptakan dalam Kristus dan sesuai dengan ukuran atau standar Kristus, sesuai dengan kekudusan dan kebenaran Kristus supaya lambat laun kita diubah menjadi sama seperti Kristus.
Firman Tuhan juga berkata bahwa Tuhan itu bagaikan Seorang Penjunan dan kita sebagai tanah liat. Tuhan membentuk kita menjadi seperti apa yang Dia mau, menjadi bejana seperti yang Tuhan kehendaki. Kita bagaikan karya seni yang indah dan sangat mahal harganya.
Inilah kehidupan yang kita miliki di dalam Tuhan. Jangan ada seorangpun yang merasa tidak berarti atau tidak berguna. Paling tidak kita sudah ditebus oleh darah Yesus. Jika kita dikatakan sebagai ciptaan Allah di dalam Yesus Kristus, itu berarti kita berbeda dengan ciptaan-ciptaan Tuhan yang lain. Kita memiliki roh dan kesadaran moral, dan itu mencerminkan sikap dan kekudusan Allah. Dan yang paling mahal Allah taruh dalam kehidupan kita adalah Allah menaruh RohNya dalam kehidupan kita, sehingga kita dapat bersekutu dengan Allah. Kita adalah ciptaan yang memuji dan memuliakan Nama Tuhan.

Untuk apa kita dibentuk oleh Tuhan?
Tuhan punya rencana supaya setiap kehidupan kita Tuhan pakai untuk melakukan perbuatan baik secara khusus atau spesial. Kita pasti akan menemukan perbuatan apa yang harus kita lakukan. Itu dimulai dari kesetiaan terhadap perkara-perkara kecil yang Tuhan berikan untuk kita kerjakan. Selanjutnya Tuhan akan membawa kita kepada perkara-perkara yang besar, sampai seluruh kehidupan kita di dunia yang sementara ini tidak akan menjadi sia-sia. Seluruh karya Firman Tuhan, Roh Kudus, dan dengan segala berkat karunia yang Allah berikan kepada kita pakai sesuai dengan rencana Allah, yaitu  untuk melakukan kebaikan, memuliakan Nama Tuhan dan memberkati banyak orang.
Itulah rencana Tuhan dalam kehidupan kita. Tuhan tidak mau segala berkat dan rencana Allah hanya berhenti sampai kehidupan kita saja, melainkan semuanya boleh menjadi berkat bagi keluarga juga gereja Tuhan dan pekerjaan Tuhan. Apa yang bisa kita lakukan, kita lakukan dengan setia.
Tuhan menaruh kelebihan-kelebihan dan hal yang luar biasa dalam setiap kehidupan kita. Itu sebabnya kita perlu menemukan nilai-nilai yang mahal, karunia dan talenta yang Tuhan sudah taruh dalam hidup kita, dan mempergunakannya untuk melayani Tuhan.
Tuhan begitu berkemurahan dan sangat mengasihi kita, itu sebabnya kita juga harus mengasihi Tuhan. Kita melakukan ibadah, pelayanan dan segala persembahan, semua adalah karena kita mengasihi Tuhan yang sudah lebih dahulu mengasihi kita. Kita lakukan apa yang harus dan yang bisa kita lakukan untuk melayani Tuhan selama kita masih hidup. Jangan sia-siakan setiap anugerah yang Tuhan sudah berikan dalam kehidupan kita.   Mari kita setia sampai mati.
Jika ada diantara kita yang mulai lemah dan merasa tidak berguna, serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan biarkan Tuhan menjamah dan memulihkan kembali kehidupan kita. Kita akan menyadari bahwa hidup adalah anugerah Tuhan dan bahwa Tuhan telah menaruh potensi yang luar biasa dalam kehidupan ini untuk melakukan kebaikan dan memuliakan Nama Tuhan.
Tuhan Yesus memberkati. (KGDP)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com