Jumat Juli 20 , 2018

Dibenarkan Oleh Iman - Pelajaran Surat Roma (71)

(Rom. 8:38-39)  Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

- Ayat ini memberi jaminan yang luar biasa kepada kita akan kekuatan kasih Allah. Kasih Allah yang dinyatakan di dalam AnakNya Yesus Kristus bukan kasih yang gampang berubah, tetapi kasih yang teguh dan kokoh. Tidak ada satu keadaanpun yang terjadi yang bisa mempengaruhi kasih itu, tidak ada satu situasi yang dapat memadamkan kasih itu, tidak ada satu mahlukpun baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan yang dapat memisahkan kasih itu dari kita. Sebab itu kita boleh menenangkan hati kita di hadapanNya. Lalu bagaimana dengan dosa? Bukankah ada ayat yang berkata, “Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.” Yes.59:1, 2 Apakah berarti bila seorang anak Tuhan itu berbuat dosa maka Allah tetap mengasihi dia? Ini adalah sebuah pertanyaan teologis yang tidak mudah untuk dijawab.
Kalau saya harus menjawab pertanyaan ini, maka jawaban saya ialah “ya” dan “tidak”. “Ya” karena Allah adalah Allah yang kasih dan “setia”. KasihNya adalah kasih yang setia, itulah sebabnya kasihNya itu tidak mudah meninggalkan kita. Atau kalau saya boleh katakan dengan kalimat yang lain, kasihNya adalah “kasih yang bandel”. Kalau kita renungkan Yoh. 3:16 maka kita dapat melihat bagaimana Allah mengasihi manusia yang berdosa sehingga Ia memberikan AnakNya yang Tunggal. Bila ketika kita masih hidup di dalam dosa saja Allah begitu mengasihi kita, apalagi sekarang kita yang sudah diselamatkan, maka kasihNya itu amat sangat besar, seperti kasih bapa kepada anak-anaknya! Tapi harus kita mengerti juga bahwa dosa adalah musuh Allah. Allah penuh kasih tetapi Ia tidak mentoleransi dosa! Dosa dapat membuat hubungan kita dengan Allah menjadi “renggang”, itulah sebabnya dosa tidak boleh dipandang ringan. Surat 1Yoh. 1:9 mengatakan bahwa jika kita berdosa dan mengakui dosa kita, maka Tuhan Allah yang setia dan adil itu akan mengampuni dan menyucikan kita dari segala dosa kita. Jadi jelas bahwa dosa harus “dibereskan”, tidak boleh dibiarkan! Dan inilah yang menjadi dasar bagi jawaban yang kedua yaitu “tidak”. Bila seseorang anak Tuhan berbuat dosa, dan ia tidak mau mengakui bahkan memberontak kepada Tuhan meski sudah mendapat peringatan berulang kali dan akhirnya meninggalkan Tuhan, maka saya percaya bahwa ia juga akan terpisah dari kasih Allah. Bukan Allah yang memisahkan dia, tetapi dosa-dosanya sendiri yang memisahkan dia dari kasih Allah seperti yang dikatakan oleh Yes. 59 itu. Sebagai contoh Petrus dan Yudas Iskariot. Keduanya sama-sama murid Yesus, dan saya yakin bahwa Yesus memilih murid-muridNya bukan sembarangan tetapi karena kasih, tetapi di akhir pelayanan Yesus, kedua-duanya sama-sama gagal. Yudas menjual Yesus, sedangkan Petrus menyangkal Yesus. Mana yang lebih parah? Sama-sama parah (menurut saya). Tetapi Petrus, ketika menyadari bahwa ia sudah berdosa kepada Yesus, ia menyesal dan bertobat, kembali kepada Yesus. Sedangkan Yudas, ketika menyadari kesalahannya, ia tidak bertobat tetapi malah menggantung diri dan jiwanya terhilang …
Jadi saudara-saudara, di satu pihak janganlah kita bimbang dan ragu akan kasihNya, kasihNya itu sangat teguh bagaikan sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, tetapi di lain pihak jangan juga memandang ringan dan mempermainkan kasih Tuhan. Istilah bahasa Inggris berkata: Don’t take it for granted !!! (SK)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com