Jumat Juni 22 , 2018

Dibenarkan Oleh Iman - Pelajaran Surat Roma (58)

(Rom 8:1)  Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.
- Pasal tujuh adalah pasal yang penuh dengan pergumulan, maka pasal delapan adalah pasal yang penuh dengan kemenangan, lalu apa kuncinya? ROH KUDUS. Roh Kudus adalah kunci kemenangan itu. Itulah sebabnya Tuhan Yesus harus mati di atas kayu salib, agar Roh Kudus dapat dicurahkan ke atas kita, seperti yang ada tertulis, “Dan sesudah Ia ditinggikan oleh tangan kanan Allah dan menerima Roh Kudus yang dijanjikan itu, maka dicurahkan-Nya apa yang kamu lihat dan dengar di sini.” (Kis.2:33)

- Di dalam Alkitab King James, ayat ini berbunyi begini : “Therefore now no condemnation to those who are in Christ Jesus, who walk not according to the flesh but according to the Spirit.” Diterjemahkan : “Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus, yang tidak hidup menurut daging tetapi menurut Roh” Inilah kunci dari kemenangan kita, yakni “hidup menurut Roh” atau “hidup dipimpin oleh Roh” Bila kita hidup dipimpin oleh Roh Kudus maka kita tidak akan jatuh dalam penghukuman, karena Roh Kudus akan senantiasa memimpin kita di dalam kebenaran dan kepada kebenaran.

(Rom 8:2)  Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.
- Di dalam terjemahan lain, berkata : “Karena hukum kehidupan dari Roh di dalam Kristus telah memerdekakan aku dari hukum dosa dan maut.”

- Manusia hidup di dunia selalu berada di bawah hukum. Ada hukum adat, hukum masyarakat, hukum agama, hukum negara dan juga hukum rohani. Sudah kita lihat di pasal yang lalu, karena manusia jatuh di dalam dosa maka manusia dikuasai oleh hukum dosa. Keinginan ada untuk berbuat apa yang baik, tetapi yang diperbuat justru apa yang tidak baik. Tidak ada yang dapat melepaskan manusia dari hukum ini, kecuali satu yaitu YESUS KRISTUS. Lalu bagaimana Yesus melepaskan kita dari hukum ini? Yaitu dengan memberikan Roh Kudus di dalam hati kita. Oleh Roh Kudus inilah kita dapat terlepas dari hukum dosa itu. Hukum dosa membawa manusia kepada dosa dan akhirnya kepada maut, tetapi Roh Kudus membawa manusia kepada kebenaran dan akhirnya kepada kehidupan. Puji Tuhan !!

(Rom 8:3)  Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging
- Betapa kita bersyukur punya Allah yang begitu baik. Ia tahu bahwa manusia tidak dapat memenuhi tuntutan hukum-hukumNya (hukum Taurat). Mengapa? Karena daging kita ini lemah dan ada dibawah kekuasaan hukum dosa. Itulah sebabnya Allah mengutus Anak-Nya yang tunggal untuk melakukan hal itu. Itulah sebabnya Yesus harus menjadi manusia 100 % dan di dalam keadaanNya sebagai manusia 100 % Ia melakukan Taurat itu bagi kita. Yesus datang ke dunia bukan untuk “meniadakan” Taurat tetapi untuk “menggenapi Taurat (Mat.5:17). Dan setelah Ia menggenapi semua tuntutan Taurat, kini Ia harus menanggung hukuman atas dosa-dosa umat manusia. Dosa yang mana? Dosa-dosa pelanggaran akan hukum Taurat. Jadi kita yang berdosa, tetapi Yesus yang menanggung dosa itu. Kurang enak apa lagi kita ini !

- Nah, untuk dapat menanggung dosa manusia ada dua syarat penting yakni :
* Syarat pertama : Ia harus sama seperti manusia, karena hanya manusia yang dapat menggantikan manusia. Itulah sebabnya Ia harus menjadi sama seperti kita, terdiri dari darah dan daging!
* Syarat kedua : Ia sendiri harus tidak berdosa (tidak pernah melanggar hukum Taurat). Karena bagaimana mungkin seseorang dapat mati untuk menggantikan (membayar) dosa orang lain kalau ia sendiri juga orang berdosa?
Dan Yesus memenuhi kedua-duanya … (SK)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com