Jumat Oktober 19 , 2018

Natal Ialah Yesus

Pdm. Daniel Rudianto
Minggu, 24 Desember 2017

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Yohanes 3:16

Biasanya, menjelang hari Natal, kita semua sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk merayakan Natal, namun kita lupa bahwa sebenarnya Natal itu adalah tentang Yesus, bukan tentang kita. Natal adalah acara Tuhan bagi kita, bukan acara kita bagi Tuhan. Natal ialah Tuhan yang memberi dan kita yang menerima. Natal ialah tentang dari Yesus kepada kita, bukan dari kita kepada Yesus. Yoh. 3:16 adalah makna Natal yang sebenarnya.
Keadaan kita, dapat digambarkan seperti kisah Maria dan Marta dalam Luk. 10:38-42. Yesus datang ke rumah Marta dan Maria. Marta sibuk sekali melayani, ia memberi kepada Yesus, sedangkan Maria memilih duduk dekat kaki Yesus menerima dari Dia. Tempat kita sebenarnya ada di tempat Maria, duduk diam di bawah kaki Yesus untuk menerima dari Yesus, menerima firmanNya,  kasihNya. Pertanyaan untuk kita, di mana posisi kita malam hari ini? Sibuk melayani, memberikan segala sesuatu untuk Yesus ataukah duduk diam di bawah kaki Yesus.

Apa yang kita terima saat hari natal?
Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita - Mat. 1:23.
Ini sebuah kebenaran tentang arti Natal yaitu: Imanuel yang artinya Allah beserta kita. Natal berarti Yesus hadir di tengah kita, Yesus ada bersama-sama dengan kita. Tujuan Natal ialah Yesus datang kepada kita untuk menolong kita dan melakukan sesuatu untuk kita. Malam hari ini kita hanya cukup percaya dan menerima Dia.

Siapakah Yesus yang menyertai kita?
Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai - Yes. 9:5
1. Ajaib.
Ajaib berarti mujizat. Nama lain Yesus adalah Mujizat. Ketika kita percaya bahwa Yesus beserta kita berarti kita percaya mujizat menyertai kita. Maria mengandung dari Roh Kudus, ini mujizat yang khusus dan tidak pernah terjadi lagi. “Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil” - Luk. 1:37
Yesus menyediakan mujizat malam ini bagi kita.
2. Penasihat.
Kita membutuhkan penasihat yang dapat memberikan kita tuntunan dalam menjalani hidup. Yesus adalah Pribadi yang selalu berada di sisi kita dan selalu siap untuk memberi nasihat. Yesus berbicara kepada kita hanya melalui Firman, karena Yesus adalah Firman itu sendiri (Yoh. 1:14). Bagaimana cara kita bertemu dengan Yesus saat kita memerlukan nasihat? Pergilah kepada Alkitab atau ke tempat Firman dikotbahkan, maka kita akan mendapat jawaban dan tuntunan yang kita butuhkan.
3. Allah Yang Perkasa.
Seperti Allah pernah menyertai Daud, Yesus yang sama menyertai kita malam hari ini. Allah yang perkasa artinya Allah Pemenang. Saul dan Daud menghadapi Goliat yang sama, tetapi mereka memandang Allah yang berbeda. Bagi Daud Allah Perkasa, tetapi bagi Saul Goliat perkasa. Malam hari ini kita menghadapi Goliat yang sama, yang menentukan hanyalah bagaimana kita memandang Yesus kita.
Sebab jika aku lemah, maka aku kuat - 2 Kor.12:10b. Semakin kita lemah dan tidak berdaya, semakin kuat/perkasa Allah kita.
4. Bapa Yang Kekal.
Tugas utama seorang Bapa adalah menjamin hidup kita/memenuhi kebutuhan hidup kita (Matius 6:31-32).
Ketika seorang anak bersama bapanya pergi ke sebuah toko, si anak akan mengambil barang-barang yang dia suka tanpa berpikir, tanpa kuatir. Si anak tahu bapanya yang akan membayarnya buat dia, dia sepenuhnya percaya kepada bapa dan tinggal menikmati semua pemberian bapa. Apakah kita punya iman seperti ini malam hari ini? Percaya bahwa kita memiliki Bapa yang kekal yang menjamin semua kebutuhan kita.
5. Raja Damai.
Yesus akan menjadi Raja di tempat yang damai atau rukun. Satu-satunya yang harus kita lakukan di hari Natal adalah berdamai. Yesus berjanji akan memberikan Damai/shalom artinya ketenangan, keamanan, kesejahteraan, kesehatan, kemakmuran, kerukunan, kesempurnaan, hanya jika kita mau berdamai dengan sesama. Marilah kita berdamai dengan semua orang sehingga Yesus benar-benar menjadi Raja atas kita.

Marilah di hari Natal ini kita kembali kepada Natal yang sesungguhnya. Natal ialah Yesus yang datang memberi diriNya untuk kita, Allah Imanuel selalu beserta kita. Selamat hari Natal, Tuhan Yesus memberkati. (LL)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

GPdI Lembah Dieng


Jalan Lembah Dieng H1

Malang, Jawa Timur

Indonesia

phone : 0341-551692

fax : 0341-559435