Kamis Desember 14 , 2017

Bersih Itu Sehat

 

Kesehatan itu mahal, dan alangkah baiknya bila kita selalu menjaga kesehatan kita. Kebersihan adalah awal kesehatan, dan salah satu bagian penting dalam rumah kita yang harus dijaga kebersihannya adalah dapur. Dr. dr. Tri Yunis Wahyono, M. Sc. dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia menjelaskan bahwa peralatan dapur yang tidak bersih bisa menjadi media penularan penyakit seperti cacingan, tifus, diare, maupun hepatitis A. Kapan terakhir kali kita bersih-bersih dapur dan perlengkapannya?

- Pisau. Bersihkan pisau yang sudah dipakai dengan benar. Bedakan pisau yang digunakan untuk memotong bahan mentah dan matang. Simpan pisau dalam kondisi yang benar-benar kering dan jangan lupa membersihkan tempat penyimpanan pisau.
- Talenan. Bersihkan dengan air panas/hangat dan sabun. Talenan yang sering dipakai akan meninggalkan alur akibat pisau. Alur itu akan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Minimal sebulan dua kali bersihkan talenan dengan menggunakan desinfektan (klorin). Jangan ragu untuk mengganti talenan kayu yang cepat berjamur dengan talenan dari bahan plastik, marmer atau kaca.
- Oven. Suasana oven yang gelap dan hangat sangat disukai jamur, karena itu bersihkan oven dengan benar. Sisa makanan yang lengket dan sulit dibersihkan perlu dibersihkan dengan soda kue dan biarkan semalaman baru dibersihkan keesokan harinya.
- Spons pencuci piring. Spons tidak boleh dibiarkan terendam dalam wadah air sabun sepanjang hari, sebab itu juga memungkinkan kuman-kuman berkembang biak dan menyebarkan pathogen saat digunakan mencuci peralatan makan. Bersihkan spons setelah dipakai dan keringkan serta ditaruh di tempat seperti wadah sabun batangan supaya sisa air dalam spons bisa mengalir keluar. Sering-seringlah mengganti spons terutama bila spons sudah mengeluarkan bau tak sedap.
- Bak cuci piring. Tidak boleh luput dari perhatian kita, bak cuci juga harus rajin kita bersihkan. Sikat seluruh bagian bak cuci piring, kran dan saluran pembuangan.
- Rak piring. Sering menjadi tempat menetesnya air dari piring yang baru dicuci, rak piring juga harus sering dibersihkan dan dikeringkan.
- Tempat sampah. Setiap hari tempat sampah yang ada di dapur harus dikosongkan dan sampah dibuang di tempat sampah induk di luar rumah. Tempat sampah juga harus rajin kita bersihkan sebab lalat dan kecoa bisa membawa kuman yang mencemari bahan makanan yang kita masak di dapur. Lebih bagus bila kita memilih tempat sampah yang tertutup dengan injakan kaki.
- Tempat bumbu. Pilih dan perhatikan tempat penyimpanan bumbu. Simpan dalam lemari yang bersih supaya dapat memperpanjang masa simpan bumbu. Kecap dan saus yang sudah dibuka lebih baik disimpan di dalam lemari es.
- Wadah air/dispenser. Bersihkan dengan rutin, ganti saringan secara berkala. Bersihkan krannya dengan rutin. Setiap kali mengganti galon,buang semua sisa air, lalu isi tangki dengan larutan cuka dapur, diamkan 10-15 menit, ini berguna untuk merontokkan kotoran dalam tangki air, lalu bilas dengan air bersih.
- Tempat beras. Bersihkan tempat beras dengan cara disiram air hangat lalu jemur sampai benar-benar kering. Beras yang berjamur atau berkutu dapat mempengaruhi kesehatan kita. Beli beras sesuai kebutuhan kita, jangan berlebih sehingga disimpan terlalu lama.
- Kulkas. Sering-seringlah memeriksa isi kulkas. Untuk bahan makanan yang sudah terbuka, perhatikan bau dan warna, buanglah jika beresiko. Singkirkan buah dan sayur yang sudah layu. Bersihkan rak dan kompartemen dengan air hangat. Cuci bagian dalam kulkas dengan air sabun hangat lalu keringkan dengan tissue dapur.
- Exhaust van. Jika dapur anda dilengkapi exhaust van, bersihkan minimal dua kali sebulan. Sebab kotoran yang menumpuk mengurangi sirkulasi udara.

Kebersihan itu penting, meskipun menambah kesibukan di dapur, namun kesehatan keluarga anda dimulai dari dapur.

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com