Kamis Desember 14 , 2017

Pantekosta Masa Kini

 

Pantekosta arti sebenarnya adalah 50. Setelah perayaan Paskah, bangsa Israel merayakan hari Raya 7 minggu (49 hari) dan hari ke-50 nya disebut hari Pantekosta. Pantekosta adalah perayaan pengucapan syukur untuk masa panen yang diberkati oleh Tuhan. Pada hari itu orang Yahudi yang tersebar di berbagai daerah akan berkumpul di Yerusalem. Peristiwa pencurahan Roh Kudus memang tepat di hari perayaan Pantekosta namun Pantekosta masa kini yang kita rayakan bukan artinya kita mengikuti perayaan Yahudi, namun wujud ketaatan kita kepada perintah Tuhan untuk menanti dan menerima baptisan Roh Kudus. (Kisah 1:4-5).
Setelah peristiwa Pantekosta, kita melihat bagaimana Roh Kudus berkarya begitu luar biasa dalam pribadi murid-murid Tuhan. Mereka dengan berani memberitakan dan menyebarkan Injil hingga lahirnya gereja. Roh Kudus menyatakan manifestasi dalam bentuk mujizat,tanda-tanda heran dan karunia-karunia yang menyertai pelayanan murid-murid Tuhan. Jelaslah Pantekosta - di mana janji Tuhan itu digenapi - bukan semarak pesta sesaat tapi Roh Kudus terus bekerja sampai hari ini.
Bagaimana dengan Pantekosta masa kini? Banyak orang rohnya mulai padam, setelah doa 10 hari dan hari Pantekosta selesai, rutinitas akan kembali seperti biasa. Roh Kudus tidak terbatas bekerja di 10 hari doa saja, Roh Kudus tidak dibatasi setahun sekali di hari Pantekosta saja. Roh Kudus itu tak terbatas dan DIA mau memimpin kita setiap hari. Taat dan berserah kepada pimpinan Roh Kudus menjadi dasar yang harus kita miliki jika kita mau melihat Roh Kudus bekerja di dalam dan melalui kita. Hiduplah bersama Roh Kudus setiap hari dan senantiasa penuh Roh Kudus sampai orang lain melihat, merasakan bahkan mengalami Pantekosta masa kini melalui hidup kita.

“…hendaklah kamu penuh dengan Roh” Efe 5:18
(LM)

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com