Kamis Desember 14 , 2017

Simbol Simbol Dari Roh Kudus

 


Roh Kudus digambarkan dengan banyak bentuk dan simbol di dalam Alkitab. Ia diungkapkan di dalam Firman Allah dalam berbagai cara, antara lain:

1. Burung Merpati (Mat. 3:16; Yoh. 1:32)
Burung merpati adalah jenis burung yang istimewa sehingga dipakai untuk menunjukkan karakteristik Roh Kudus. Burung merpati tidak memiliki empedu yang melambangkan kepahitan. Kita dapat yakin sepenuhnya bahwa tidak ada kepahitan dalam pribadi Roh Kudus.

2. Minyak (Kej. 28:18-19; Kis. 10:38)
Urapan itu identik dengan minyak. Yakub menuangkan minyak ke atas altar yang didirikan bagi Tuhan di Betel dan Yakub tahu Tuhan hadir di sana. Para imam dan perabot dalam Tabernakel juga diurapi dengan minyak urapan sehingga mereka melayani dalam kekudusan. Petrus berkotbah dan menjelaskan bahwa Yesus diurapi dengan Roh Kudus. Bagi orang percaya sekarang, Roh Kudus adalah Pribadi yang mengurapi kita, karena itu IA juga dilambangkan dengan minyak.

3. Api (Kis. 2:3)
Para murid dibaptis dengan Roh Kudus dan api, artinya kepenuhan Roh Kudus dikaitkan juga dengan api.

4. Angin (Kis. 2:2)
Manifestasi Roh Kudus yang lain adalah angin. Kita bisa mengingat peristiwa dalam Yehezkiel 37, nabi Yehezkiel bernubuat bahwa angin Roh Kudus datang dan membangkitkan suatu tentara yang besar.

5. Air
Air adalah simbol Roh Kudus, dalam arti aliran-aliran kehidupan itu akan mengalir dalam kehidupan kita setelah kita dibaptis dengan Roh Kudus. Di dalam Alkitab, hujan juga dipakai untuk melukiskan pencurahan Roh Kudus.

6. Terang
Dalam Tabernakel Musa ada kaki dian yang menerangi Ruang Kudus. Terang inilah yang menggambarkan Roh Kudus yang akan memimpin hidup kita, semakin hari semakin terang.

sumber: buku Roh Kudus Sang Penghibur - DR. Brian Bailey

"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com