Kamis Oktober 19 , 2017

Tahun Pelayanan 1930-1950

 

Pekerjaan Tuhan ini dimulai sekitar tahun 1930 oleh Pdt. Ong Ting Sui. Banyak suka dan duka dialami Pdt. Ong, beliau bahkan sempat ditahan oleh tentara pendudukan Jepang sehingga pekerjaan Tuhan sempat ditutup pada bulan Juni 1945 hingga bulan Januari 1946. Beliau mempunyai seorang putri tunggal bernama Leoni Ong. Pdt. Ong Ting Sui dipanggil Tuhan pada tanggal 10 Desember 1950 dalam usia 61 tahun.

Tahun Pelayanan 1950-1991

Pdt. Azarya Soehargo (Go Tjin Liong) yang lahir pada tanggal 3 April 1919 merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Pada tanggal 11 Januari 1950, beliau mempersunting Leoni Ong yang merupakan Putri tunggal Pdt. Ong Ting Sui. Dari pernikahan dengan Ibu Leoni, mereka dikaruniai 4 orang anak yaitu Siane, Evi, dan Hanna.


Oleh karena kesehatan Pdt. Ong yang makin menurun, maka pada tahun 1950, pekerjaan Tuhan di GPdI Zainul Arifin diserahkan kepada Pdt. Azarya Soehargo. Oleh karena kemurahan Tuhan saja maka pekerjaan Tuhan di Zainul Arifin di bawah pelayanan Bpk. dan Ibu Pdt. Azarya Soehargo terus berkembang. Tuhan juga mempercayakan kepada mereka untuk merintis sidang-sidang jemaat baru khususnya di daerah Malang Selatan sehingga banyak jiwa dimenangkan bag Kristus. Ada 12 cabang yang Tuhan percayakan kepada beliau dan salah satunya ialah GPdI Ade Irma Suryani. Cabang-cabang yang lain yaitu: GPdI Singosari, GPdI Kepanjen, GPdI Pakisaji, GPdI Tunggul, GPdI Kebonagung, GPdI Sumberpucung, GPdI Jatiwugi, GPdI Senggreng, GPdI Gunung Kawi, GPdI Tumpakrejo, dan GPdI Karangduren. Semua gereja ini kini berkembang menjadi gereja yang mandiri dan diberkati Tuhan. Ibu Leoni dipanggil Tuhan pada tanggal 29 Oktober 1981 dalam usia 61 tahun.


Demikianlah pekerjaan Tuhan baik di Zainul Arifin dan Ade Irma Suryani terus berkembang. Pdt. Azarya Soehargo melayani didampingi oleh anak dan menantunya yaitu Bpk. dan Ibu Pdt. Yusak Tjong, hingga bulan Oktober 1990 beliau jatuh sakit.
Karena alasan kesehatan, pada tanggal 4 Mei 1991 penggembalaan diserahkan kepada Pdt. Yusak Tjong dan pada tanggak 3 Agustus 1993 . Pdt. Azarya Soehargo dipanggil Tuhan.

 

Tahun Pelayanan 1960-1975


Perintis GPdI Zainul Arifin dan GPdI Ade Irma Suryani

Pekerjaan Tuhan di GPdI Ade Irma Suryani dimulai pada tahun 1960 oleh Pdt. Koe Bo Boen pada tahun 1975 oleh Pdt. Koe diserahkan kepada Pdt. Azarya Soehargo

 

GPdI Ade Irma Soeryani


Pada tanggal 28 November 1976, putri tertua Bpk. dan Ibu Pdt. Azarya Soehargo dipersunting oleh seorang hamba Tuhan muda berasal dar Bondowoso bernama Yusak Tjong yang yang mana dari pernikahan itu mereka dikaruniai 3 orang putra dan putri bernama Sifera, Haniel, dan Daniel. Setelah menikah, Pdt. Yusak Tjong dipercaya untuk melayani di GPdI Ade Irma Suryani. Pada tahun 1986, beliau suami istri dilantik sebagai wakil gembala dari Pdt. Azarnya. Demikianlah pekerjaan berkembang Tuhan di tempat ini semakin berkembang dan oleh kemurahan Tuhan pada tahun 1982 gereja Ade Irma Suryani dibangun kembali.

 

GPdI Zainul Arifin


Oleh kemurahan Tuhan, pekerjaan Tuhan di Zainul Arifin terus berkembang. Pada tahun 1986, gereja Zainul Arifin dibongkar dan dibangun kembali kemudian ditahbiskan setahun berikutnya.

Puji Tuhan atas kepercayaanNya kepada kami untuk menggembalakan jemaat di Zainul Arifin dan Ade Irma Suryani. Karena jiwa-jiwa terus bertambah sehingga sering kali kami harus meminjam gedung untuk acara-acara khusus (kebaktian Natal, Paskah, dan sebagainya). Maka Tuhan menaruh visi di dalam hati Pdt. Yusak Tjong untuk membeli sebidang tanah di daerah lembah Dieng.

 

2000-sekarang


Pada tahun 2000, Tuhan membuka jalan sehingga kami dapat memiliki sebidang tanah dan dimulailah pembangunan gereja Lembah Dieng ini sejak tahun 2001. Pada tahun 2003, Natal pertama kali diadakan di tempat ini meskipun pada waktu itu belum ada atap dan sempat kehujanan. Kemudian acara-acara lain menyusul diadakan di tempat ini.

 

Perlahan tapi pasti, Tuhan menolong kami sehingga pada akhirnya kami dapat menyelesaikan pembangunan tempat ibadah ini. Dan oleh kemurahan Tuhan, pekerjaan Tuhan yang digembalakan oleh Pdt. Yusak Tjong dengan didampingi Pdt. Simon Kostoro sebagai wakil gembala dapat berjalan hingga kini.

Segala puji bagi nama Yesus Kristus. Haleluya!

Gereja Pentakosta di Indonesia Lembah Dieng

 


"Mengampuni, Mendoakan, Memberkati"

Pdt. Yusak Tjong

Gereja Pantekosta di Indonesia Lembah Dieng

Jl. Lembah Dieng H1 Malang

phone (0341) 551692

fax (0341) 559435

 

contact : support@gpdilembahdieng.com

www.gpdilembahdieng.com